Selasa, 25 Oktober 2016

INVITA 2016
inivta 2016 ke keraton Yogyakarta
Industri Visit dan Tafakur alam atau yang biasa disingkat INVITA merupakan program edukasi yang rutin dilaksanakan Labschool untuk para siswanya yang duduk di bangku kelas 8. INVITA 2016 kali ini dilaksanakan dari tanggal 19-23 Oktober 2016. INVITA kali ini melakukan perjalanan dari Jogja sampai Solo.
19 Oktober 2016,
Hari itu kami dipersilahkan untuk beristirahat di rumah, karena pada sore hari kami akan melakukan perjalanan menuju Jogja. Kami semua diminta untuk berkumpul pukul 17.30 di pintu utara Stasiun Gambir dengan menggunakan baju angkatan, dan kami melaksanakan shalat maghrib di Stasiun untuk mencegah ketelatan. Jam menunjukkan pukul 20.00 kami semua telah mendapatkan tiket dan segera memasuki kereta api Argo Lawu yang akan membawa kami ke Stasiun Tugu. Saat di kereta kami mengisi waktu dengan bercanda, mengobrol, tidur selama 8 jam. Kami juga diberikan makan dan snack di dalam kereta.
20 Oktober 2016,
Jam menunjukkan pukul 04.00, kami semua dibangunkan untuk mempersiapkan koper dan barang bawaan karena kami sudah sampai di Stasiun Tugu. Sesampainya disana kami naik bus menuju tempat transit untuk mandi, mengganti baju dengan baju batik, dan sarapan pagi. Setelah itu kami kembali naik bus untuk menuju tempat wisata pertama yaitu Sabila Farm. Disana kami dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yaitu 8A, 8B, dan 8C untuk langsung turun ke lapangan melihat tanaman buah naga, sirsak, dan lain-lain. Sedangkan kelompok kedua yaitu 8D, 8E, 8F, dan 8G menunggu di sebuah tempat untuk mendengarkan presentasi. Selain itu kami juga diperbolehkan untuk mencicipi makanan yang ada, seperti es krim, pudding, daan lain-lain. Setelah itu kami menuju PT. SRITEX. Sesampainya disana kami mendengarkan presentasi mulai dari PT. SRITEX dulu hingga sukses seperti sekarang. Setelah dijelaskan kami diperbolehkan untuk bertanya sambil melihat-lihat koleksi yang ada disana. Disana kita bisa melihat pakaian tentara negara lain seperti Malaysia, Timor Leste, pakaian seragam salah satu taksi, dan lain-lain. Kami juga diantar untuk masuk ke dalam tempat oleh-oleh atau show room PT. SRITEX yang menjual topi, sandal, baju, dan lain-lain. Setelah itu kami menuju tempat pembuatan kaos, disana kami juga bisa membeli kaos-kaos dan ada juga yang menjual minuman, lalu kami pergi untuk mengisi perut. Hari telah malam, kami melanjutkan perjalanan menuju hotel yaitu Hotel Cavinton. Sebelumnya di bus, kami sudah diberikan tiket hotel dan telah diberikan peraturan selama di hotel. Setelah itu kami beristirahat.
21 Oktober 2016,
Kami dibangunkan pukul 05.00. Setelah itu kami sarapan di hotel dengan menggunakan baju kelas. Lalu kami langsung menaiki bus untuk menuju ke Kraton Jogja. Disana kami diberikan penjelasan mengenai kraton. Untuk perjalanan dari parkiran menuju kraton dan sebaliknya, kami menggunakan kendaraan shuttle tole. Setelah dirasa cukup kami menuju masjid agung untuk melaksanakan sholat jumat. Sambil menunggu yang laki-laki melaksanakan sholat yang perempuan dipersilahkan untuk menikmati jajanan yang ada di sekitarnya. Setelah itu kami menuju ke kampung Giriloyo untuk belajar mencanting. Sebagai transportasi dari parkiran menuju tempat mencanting dan sebaliknya menggunakan kereta kelinci. Disana kami diajarkan bagaimana car mencanting, pewarnaan, dan lain-lain. Setelah itu destinasi wisata selanjutnya adalah Pantai Parangtritis. Disana kami diberikan waktu 1,5 jam untuk menikmati sunset. Di Pantai kami bisa menikmati wisata kuda, ATV, bendi atau delman, dan lain-lain. Lalu kami menuju ke Malioboro untuk berjalan-jalan. Kami disana bisa membeli barang oleh-oleh atau hanya berjalan-jalan dengan delman. Jam menunjukkan pukul 9.30 kami langsung menuju hotel untuk beristirahat.
22 Oktober 2016,
Sama seperti hari sebelumnya kami dibangunkan pada pukul 05.00 untuk mandi, sholat. Setelah itu kami semua membawa koper dan barang bawaan untuk diletakkan dibus dan langsung check out. Setelah meletakkan barang di bus kami dipersilahkan untuk naik ke atas menikmati sarapan. Lalu kami menaiki bus untuk menuju Merapi untuk melakukan kegiatan Lava Tour. Disana kami menaiki jeep untuk menjelajah Merapi. Kami berhenti di Museum Merapi, Batu Alien, lalu Bunker Kaliurang. Setelah selesai melaksanakan Lava Tour kami kembali ke bus. Setelah itu kami singgah ke Rumah Makan Orang Utan untuk mengisi perut dan melaaksanakan sholat dzuhur. Lalu kami menuju Candi Borobudur menaiki bus. Di perjalanan menuju Candi Borobudur kami bisa melihat Candi Mendut. Di candi Borubudur kami bisa menikmatinya dengan berfoto-foto. Setelah itu kami menuju ke tempat pembelian oleh-oleh bakpia. Disana kami bisa membeli oleh-oleh selain bakpia seperti kripik-kripik dan lain-lain.  Setelah membeli oleh-oleh kami langsung menuju ke Stasiun Tugu untuk kembali ke Stasiun Gambir. Di stasiun kami melaksanakan sholat maghrib yang dijamak dengan sholat isya. Jam menunjukkan pukul 20.00 untuk langsung naik ke Kereta Api Taksaka Malam.
23 Oktober 2016,
Kami semua dibangunkan pada pukul 04.00 karena kami telah sampai di Stasiun Gambir, Jakarta. Lalu kami menemui orang tua di pintu utara dan langsung menuju ke rumah masing-masing.