Senin, 21 Maret 2016

 PELANTIKAN PRAMUKA PENGGALANG SMP LABSCHOOL JAKARTA
   Kami datang ke sekolah dengan membawa peralatan yang harus dibawa seperti, tongkat, atribut seragam pramuka, dll. Saat pukul 6.30 WIB tiba kami diminta untuk berbaris di hallma berdasarkan kelompok masing-masing. Setelah itu, kami melaksanakan apel pemberangkatan yang berisi penyampaian amanat oleh para pembimbing dan juga saat itu pula kami mendengarkan pembagian tronton. Setelah itu kami dipersilahkan untuk berpamitan kepada orangtua dan langsung menaiki tronton masing-masing. Jumlah tronton seluruhnya adalah 8 tronton dan di setiap tronton ada 4 regu, yaitu regu Edelweis, Lili, Flamboyan, dan Lavender. Di tronton kami mengisi waktu dengan bercanda dan bernyanyi hingga akhirnya kami sampai di tempat tujuan.
   Sesampainya disana, kami berkumpul di lapangan, lalu kami diperbolehkan untuk istirahat (duduk dan minum) sebentar, sambil menunggu ketua kelompok diberi arahan. Setelah itu tiap-tiap kelompok diberikan soal tentang pengetahuan pramuka penggalang dan harus mengerjakannya secara bersama-sama. Karena apabila kita dapat menyelesaikkannya terlebih dahulu dari yang lain maka kita dapat melanjutkan kegiatan penjelajahan terlebih dahulu. Bagi kelompok yang telah selesai mengerjakan soal diminta untuk kembali baris dihadapan Kaka Tris sampai akhirnya dipanggil untuk melanjutkan kegiatan. Dan akhirnya kelompok kami dibolehkan untuk melanjutkan kegiatan.
   Saat kegiatan penjelajahan keterampilan kita dalam pramuka diuji. Dalam kegiatan penjelajahan itu terdapat 6 pos. Pos pertama kami diuji untuk dapat menyebutkan dan mengetahui makna kode kehormatan pramuka penggalang. Pos kedua kami diuji untuk dapat menebak kata yang diperagakan melalui bendera semphore oleh kakak pembina. Pos ketiga kami diuji untuk dapat membuat tandu dengan simpul jangkar dan simpul pangkal. Pos keempat kami diuji untuk dapat membawa korban dengan tandu, disini kamu diuji kerja sama antar anggota kelompok agar dapat melewati halang rintang, disini kami juga diajarkan bagaimana cara menutup suatu luka dengan sebuah kain. Pos kelima kami diuji dan diajarkan bagaimana cara baris berbaris dengan benar, setelah pos kelima selesai, kami diberikan kertas selembar yang berisi soal mengenai kode morse untuk dikerjakan pada pos keenam. Pos keenam kami diminta untuk menyelesaikan soal yang telah diberikan saat pos kelima selesai.
   Setelah kami semua telah menyelesaikan uji keterampilan pramuka penggalang ramu, kami melaksanakan Shalat Zuhur di masjid. Setelah selesai melaksanakan shalat, kami kembali berkumpul di lapangan untuk melaksanakan makan siang bersama. Setelah itu kami makan siang bersama, saat makan siang bersama kami dapat saling berbagi makanan. Ada yang memakan bekal ada pula yang jajan di sekitar lapangan.
Setelah kami selesai makan siang, kami langsung menuju ke acara utama yaitu apel pelantikan pramuka penggalang SMP LABSCHOOL JAKARTA. Sebelum apel pelantikan resmi dimulai, kami melaksanakan gladi resik apel pelantikan. Saat gladi resik, kami berlatih bernyanyi Hymne Pramuka. Setelah dirasa cukup latihan untuk melaksanakan apel resmi, akhirnya apel resmi pun dilaksanakan. Setelah itu kami diberikan nomer gudep 03-359 untuk laki-laki dan 03-360 untuk perempuan, dan saat itulah kami resmi dilantik menjadi pramuka penggalang SMP LABSCHOOL JAKARTA.
   Setelah apel selesai kami dipersilahkan untuk mengambil barang-barang dan menuju tronton masing-masing. Di tronton kami semua mengisi waktu perjalanan denganmengobrol dan bercanda, hingga akhirnya kami sampai di SMP LABSCHOOL JAKARTA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar